Notification

×

Iklan

Iklan

10 Spot Diving Terbaik di Indonesia yang Mendunia, Menawarkan Keindahan Surga Bawah Laut

Selasa, 08 Oktober 2024 | Kali Dibaca Last Updated 2024-10-08T00:47:02Z
Advertisement

Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
Liburan,Tempat Wisata,Wisata Alam,Objek Wisata,Wisata,Diving,Diving di Bali,Scuba Diving,Free Diving,Diving Bali,Tulamben Bali Diving,Diving Komodo,Indonesia Diving Raja Ampat,Diving Gili,Lombok Diving,Spot Diving Terbaik di Indonesia,Spot Diving di Bali,Spot Diving Terbaik di Dunia,Spot Diving di Indonesia,Spot Diving Bali,Spot Diving Indonesia,Spot Diving Terbaik,Snorkeling,Snorkeling Bali,Gili Snorkeling,Traveling
Beberapa Spot Diving Terbaik di Indonesia yang Mendunia. Foto: Unsplash.com/NEOM
SAFAHAD Technology - Berbicara tentang keanekaragaman dan pesona alam Indonesia seakan tidak pernah ada ujungnya. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia dikelilingi oleh banyak pulau yang menyimpan keelokan panorama bawah laut seperti surga tersembunyi.

Terdapat beragam lokasi diving dan snorkeling terkenal di seluruh negeri ini. Keindahan tempat-tempat tersebut telah mendapatkan pengakuan internasional, bahkan dianggap sebagai salah satu surga bagi penyelam dari berbagai negara.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, berikut adalah rekomendasi spot diving terbaik yang harus dikunjungi di Indonesia. Apa saja? cekidot!

1. Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Wakatobi di Sulawesi Tenggara adalah salah satu lokasi diving terbaik dan dikenal sebagai kawasan Karang Penghalang (Barrier Reef) terbesar di tanah air.
Wakatobi/ Foto: Christina Gloor
Wakatobi di Sulawesi Tenggara adalah salah satu lokasi diving terbaik dan dikenal sebagai kawasan Karang Penghalang (Barrier Reef) terbesar di tanah air. Keindahan terumbu karangnya menduduki peringkat kedua terbaik secara global setelah Great Barrier Reef yang ada di Australia.
Saat menjelajahi kedalaman laut Wakatobi, kamu akan menemukan sekitar 942 spesies ikan serta 750 spesies terumbu karang yang menawan. Selain itu, area ini juga menjadi rumah bagi lumba-lumba, paus, hingga penyu. Semua itu menambah kekayaan biota laut luar biasa yang bisa kamu saksikan langsung saat berada di sini.

2. Raja Ampat, Papua
Keindahan panorama bawah laut Raja Ampat sungguh tak perlu diragukan lagi.
Raja Ampat/ Foto: Unsplash.com/Kris-Mikael Krister
Keindahan panorama bawah laut Raja Ampat sungguh tak perlu diragukan lagi. Terumbu karangnya yng mempesona menjadi habitat untuk 75% spesies biota laut yang terdapat diseluruh dunia.

Tidak hanya itu, Raja Ampat dihuni oleh lebih dari 1.318 spesies ikan, 699 jenis moluska, dan hingga 537 jenis terumbu karang yang indah. Maka tidak mengherankan jika kawasan ini dianggap sebagai surga bawah laut yang menjadi incaran banyak wisatawan internasional.

Baca Selengkapnya, 3. Pulau Weh, Aceh
3. Pulau Weh, Aceh
Mengunjungi Pulau Weh di Aceh akan membawa Anda ke lokasi-lokasi dengan keindahan alam luar biasa, termasuk spot-spot diving yang menawan.
Batee Tokong. Foto: Flickr.com/Ludovic Galko
Mengunjungi Pulau Weh di Aceh akan membawa Anda ke lokasi-lokasi dengan keindahan alam luar biasa, termasuk spot-spot diving yang menawan.

Spot diving terbaik di Pulau Weh terletak di Batee Tokong yang terkenal sebagai tempat tinggal beragam spesies hiu. Selain itu, terdapat Antee Peunateung yang kaya akan ribuan makhluk laut menakjubkan serta menjadi rumah bagi banyak terumbu karang. Saat menyelam di sini, Anda akan dimanjakan dengan keberagaman populasi hewan laut yang jarang ditemui di tempat lain.

4. Pulau Bunaken, Sulawesi Utara
Taman Laut Bunaken memiliki ekosistem bawah air paling bervariasi di dunia.
Pulau Bunaken. Foto: Flickr.com/Ilse Reijs and Jan-Noud Hutten
Sejak lama, Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara telah dikenal karena pesona bawah lautnya yang memukau. Berkat keindahan ini, pulau tersebut dianggap salah satu destinasi diving paling favorit di Indonesia.

Taman Laut Bunaken memiliki ekosistem bawah air paling bervariasi di dunia. Tempat ini bahkan menyediakan habitat untuk sekitar 390 spesies terumbu karang, 90 jenis ikan serta berbagai makhluk laut lainnya. Keunikan inilah yang membuat lokasi ini ideal bagi para penyelam untuk menikmati keelokan alam bawah airnya.

5. Banda Neira, Maluku
Daya pikatnya begitu menawan sehingga Banda Neira telah mendapatkan pengakuan internasional.
Banda Neira. Foto: Flickr.com/Randi Ang
Saat mengunjungi Kepulauan Banda, pastikan untuk mampir ke Banda Neira, yang menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Daya pikatnya begitu menawan sehingga Banda Neira telah mendapatkan pengakuan internasional.

Salah satu tempat menyelam terbaik di wilayah ini adalah Pulau Sjahrir, yang terletak sekitar 30 menit dari Banda Neira. Pulau ini memiliki area snorkeling dan diving yang indah di mana para petualang dapat menyaksikan berbagai kehidupan laut termasuk berbagai spesies ikan, eels, gobies, moray, dan terumbu karang yang indah.

Selain itu, pengunjung dapat menjelajahi pulau-pulau terdekat lainnya di sekitar Banda Neira yang menawarkan pemandangan yang sama menakjubkannya seperti Pulau Hatta, Pulau Run, Pulau Nailaka, dan Pulau Suanggi.

Baca Selengkapnya, 6. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat
6. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat
Di sini Anda dapat menikmati snorkeling dan diving di air laut sebening kristal sambil mengagumi taman bawah laut yang dipenuhi dengan karang berwarna-warni dan beragam spesies ikan.
Gili Trawangan. Foto: Unsplash.com/Uber Scuba Gili
Lautan sering menyimpan keajaiban dan keindahan unik di bawah permukaannya—ini juga berlaku untuk Gili Trawangan. Terletak di Kabupaten Lombok Utara, provinsi Nusa Tenggara Barat, pulau ini memberikan pengalaman diving yang mengasyikkan dengan beragam keindahan panorama bawah lautnya.

Di sini Anda dapat menikmati snorkeling dan diving di air laut sebening kristal sambil mengagumi taman bawah laut yang dipenuhi dengan karang berwarna-warni dan beragam spesies ikan.

Selain kegiatan ini, Anda juga dapat menyewa perahu untuk mengunjungi Pulau Gili yang berdekatan seperti Gili Meno, Gili Air, Gili Kedis, dan Gili Kondo—semuanya terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang mempesona.

7. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur
Pemandangan bawah laut Pulau Komodo memang terkenal akan keindahannya yang luar biasa.
Pulau Komodo. Foto: Unsplash.com/Chad Taylor
Pemandangan bawah laut Pulau Komodo memang terkenal akan keindahannya yang luar biasa. Berada di tengah segitiga terumbu karang Asia Pasifik, Taman Nasional Komodo dianggap sebagai salah satu surga bawah laut terkaya yang telah mendapat pengakuan dunia.

Saat menyelam di Pulau Komodo, para pengunjung akan disuguhkan panorama terumbu karang serta berbagai jenis ikan cantik dan langka. Selain itu, mereka juga dapat berinteraksi dengan ikan pari manta, hiu, dan dugong karena perairan sekitar pulau ini adalah habitat alami bagi makhluk tersebut.

8. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur
Kepulauan Derawan menawarkan hamparan pasir putih dan air laut jernih serta keindahan bawah laut yang mempesona.
Pulau Kakaban. Foto: Flickr.com/Randi Ang
Kepulauan Derawan adalah salah satu tempat diving terbaik di Indonesia yang berlokasi dekat calon ibu kota baru negara kita, Nusantara, di Kalimantan Timur.

Terdiri dari 31 pulau kecil dengan pemandangan menakjubkan, Kepulauan Derawan menawarkan hamparan pasir putih dan air laut jernih serta keindahan bawah laut yang mempesona.

Salah satu lokasi snorkeling dan diving terbaik ada di Pulau Kakaban. Di sini, pengunjung bisa berenang bersama ribuan ubur-ubur tanpa khawatir tersengat.

Baca Selengkapnya, 9. Tulamben, Bali
9. Tulamben, Bali
Bali dikenal sebagai surga pantai dengan pemandangan alamnya yang mengagumkan.
Tulamben. Foto: Flickr.com/Randi Ang
Bali dikenal sebagai surga pantai dengan pemandangan alamnya yang mengagumkan. Salah satunya adalah Pantai Tulamben yang sering menjadi tujuan para wisatawan lokal maupun mancanegara karena memiliki spot diving paling indah.

Keindahan dunia bawah lautnya tetap terjaga dengan baik. Para penyelam dapat melihat berbagai biota laut dan terumbu karang yang sangat menarik.

Lebih dalam lagi saat menyelam memungkinkan wisatawan untuk menjumpai bangkai kapal USS Liberty yang tenggelam—menambah pengalaman luar biasa saat melakukan diving.

10. Morotai, Maluku
Saat menyelam di perairan Morotai, pengunjung dapat melihat secara langsung peninggalan sejarah Perang Dunia II
Morotai. Foto: Flickr.com/Temy Loing
Terletak di kawasan Maluku, keindahan bawah laut Morotai menjadi salah satu tujuan utama bagi para penyelam asing. Bagaimana tidak? Saat menyelam di perairan Morotai, pengunjung dapat melihat secara langsung peninggalan sejarah Perang Dunia II berupa kapal perang yang tenggelam dan pesawat tempur yang tenggelam.

Selain itu, wisatawan juga memiliki kesempatan untuk berenang bersama hiu sirip hitam. Meskipun diperlukan usaha ekstra dengan menyelam hingga kedalaman sekitar 21 meter, pengalaman ini sangat berharga karena pemandangan yang ditawarkan sungguh menakjubkan.

Editor: Abdul Hamid

CLOSE