SAFAHAD Technology - Dilansir dari laman klikdokter.com, seorang pasien yang telah menggunakan kacamata sejak usia 15 tahun dengan minus 2 dan silinder 2 bertanya, "Apakah mata bisa sembuh jika saya menggunakan tetes jeruk nipis?"

Penggunaan tetes mata berbahan dasar jeruk nipis tidak disarankan. Hal ini dikarenakan asam nitrat dalam jeruk nipis dapat menyebabkan iritasi serta merusak lapisan pada mata, yang mengakibatkan pandangan menjadi kabur, kemerahan, nyeri, dan pembengkakan.

Jika cairan jeruk nipis mengenai mata, sebaiknya segera bilas dengan air bersih yang mengalir dan konsultasikan kepada dokter spesialis mata sesegera mungkin.
Dengan demikian, jelas bahwa penggunaan jeruk nipis sebagai tetes mata sangat tidak dianjurkan. Namun demikian, kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk kesehatan mata.

Vitamin C juga berperan dalam mengurangi kemungkinan terjadinya katarak serta degenerasi makula. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi sumber vitamin C lain seperti jeruk, jeruk nipis, stroberi, pepaya, anggur, tomat dsbnya. tetapi bukan dalam bentuk tetesan ke dalam mata.

Menjaga kesehatan mata lewat konsumsi makanan kaya akan vitamin C saja ternyata masih kurang efektif. Sangat dianjurkan untuk juga mendapatkan vitamin lain seperti A yang baik untuk melindungi saraf optik terutama saat malam hari atau gelap single; juga Omega-3, Vit E, Zinc dan Selenium