Notification

×

Iklan

Iklan

Perbedaan CPNS dan PPPK: Penting untuk Dipahami Pelamar Kerja

Senin, 19 Agustus 2024 | Kali Dibaca Last Updated 2024-08-19T17:29:48Z
Advertisement

Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
Tes CPNS,Tes CPNS 2024,SSCASN P3K,SSCASN,SSCASN BKN go id,Daftar SSCASN BKN go id,BKN SSCASN,P3K,Ekonomi,SSCASN BKN,SSCASN BKN 2024,PPPK 2024,PPPK,SSCASN 2024,Daftar SSCASN 2024,BKN,BKN 2024,CPNS,PNS,ASN,PPPK
Ilustrasi PNS
SAFAHAD Technology - Proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan berlangsung lagi tahun ini. Menurut informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi (KemenPAN-RB), pemerintah akan menawarkan 250.407 formasi CPNS.

"Tahun ini terdapat 250.407 formasi yang kita sediakan untuk talenta-talenta baru lulusan perguruan tinggi terbaik (fresh graduate). Formasi ini terbagi untuk instansi pusat 114.706 dan instansi daerah 135.701," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas, dalam keterangan tertulis, Jumat (16/8/2024).

Dalam waktu dekat, pemerintah akan mengumumkan pembukaan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebagai langkah untuk menyelesaikan penataan tenaga non-Aparatur Sipil Negara (ASN) yang saat ini sedang dalam proses verifikasi.
"Secara bertahap nanti akan dibuka rekrutmen PPPK untuk kelanjutan penataan tenaga non-ASN atau tenaga honorer pada tahun 2024, yang saat ini sedang proses verifikasi dan validasi. Segera kami umumkan untuk rekrutmen PPPK bila proses verifikasi dan validasi tuntas," jelas Anas. Untuk memperjelas perbedaan antara CPNS dan PPPK, berikut penjelasannya:

Perbedaan Antara CPNS dan PPPK
Aturan yang berkaitan dengan PNS dan PPPK dapat direferensikan melalui pedoman KemenPAN-RB serta Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Di bawah ini adalah poin-poin penting yang menyoroti perbedaan antara CPNS dan PPPK:

1. Pengertian CPNS dan PPPK
Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ditujukan bagi warga negara Indonesia yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi kriteria tertentu dan diangkat secara permanen oleh pejabat yang berwenang dalam bidang kepegawaian untuk mengisi posisi dalam pemerintahan. Sebelum mendapatkan status resmi sebagai PNS, CPNS harus berhasil melewati ujian seleksi penerimaan.

Baca Selengkapnya, Pages/Halaman 2
Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) merupakan warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu dan diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk periode waktu tertentu guna melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

2. Hak yang Diperoleh
Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai tetap oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), mendapat hak:
Gaji, tunjangan, dan fasilitas
Cuti
Perlindungan
Pengembangan kompetensi
Jaminan pensiun dan jaminan hari tua

Pegawai dengan perjanjian kerja yang sebelumnya sudah ditetapkan, mendapat hak:
Gaji dan tunjangan
Cuti
Perlindungan
Pengembangan kompetensi.

3. Soal Jabatan, Usia, Mutasi
PNS:
Memiliki jabatan dan pangkat
Memiliki batas usia minimal 18 tahun, maksimal 35 tahun saat mendaftar CPNS (Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 320 Tahun 2024)
Ada mutasi dan pemindahan kerja.

PPPK:
Tidak memiliki jabatan dan pangkat
Batas usia tergantung pada posisi yang dilamar
Tidak ada mutasi dan pemindahan kerja.
Editor: Abdul Hamid
Referensi: Berbagai Sumber

CLOSE