Notification

×

Iklan

Iklan

Viral Penghuni Kost di Bekasi Idap Gangguan Hoarding Disorder: Simak Pengertian dan Penyebabnya

Selasa, 16 Juli 2024 | Kali Dibaca Last Updated 2024-07-16T12:42:35Z
Advertisement

Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
Hoarding Disorder,Berita Viral Hari Ini,Berita Viral,Viral,Kesehatan,Health Tips,Healthy Lifestyle Tips,Hoarding Disorder Adalah,Apa Itu Hoarding Disorder,Hoarding Disorder Artinya,Penyakit Hoarding Disorder,Penyebab Hoarding Disorder,Hoarding Disorder Itu Apa,Arti Hoarding Disorder,Gejala Hoarding Disorder,Bekasi
Kondisi kamar penghuni kos yang diduga idap hoarding disorder. (TikTok: @siskavizar)
SAFAHAD Technology - Baru-baru ini, sebuah video yang menjadi viral di media sosial memperlihatkan seorang pemilik kosan menggerebek kamar yang dihuni oleh penyewa dengan gangguan Hoarding Disorder.

Video penggerebekan tersebut diunggah pada akun Tiktok @siskavizar pada Senin (15/7/2024). Dalam rekaman itu, terlihat pemilik kos dan penjaga kos membuka paksa pintu kamar yang ditempati oleh dua orang. Sesaat setelah pintu terbuka secara paksa, tampak pemandangan tidak menyenangkan. ruangan dipenuhi sampah dan barang-barang berserakan. Lemari, kasur, hingga lantai kamar dipenuhi tumpukan barang bercampur sampah.

Pemilik kos langsung terkejut dengan kondisi tersebut dan meminta kedua penghuni untuk segera membersihkan kamar serta meninggalkan tempat itu.
Menurut informasi beredar, kedua penghuni diduga menderita gangguan mental dikenal sebagai hoarding disorder. Jadi, apa sebenarnya hoarding disorder? Berikut adalah penjelasan mengenai definisi, penyebabnya, serta cara penanganannya:

Definisi Hoarding Disorder

Mengutip dari NHS, Hoarding Disorder adalah gangguan mental di mana penderitanya memiliki kecenderungan menyimpan atau menumpuk barang tidak berguna dalam jumlah berlebihan.

Penderita Hoarding Disorder bukan sekadar menumpuk barang dan berbeda dengan orang yang mengoleksi barang. mengejar koleksi; perilaku mereka menimbulkan kekacauan signifikan dalam kehidupan sehari-hari—menyebabkan banyak kecoa berkeliaran dan ruangan menjadi bau dan kotor.

Baca Selengkapnya, Pages/Halaman 2
Melansir dari Childmind Institute, kebiasaan menumpuk barang ini sering terjadi karena penderita mempunyai keterikatan emosional terhadap benda-benda tersebut. Jika ada pihak lain yang mencoba membersihkannya atau merapikannya tanpa izin, mereka bisa merasa sangat terganggu.

Pada penderita Hoarding Disorder, barang-barang yang mereka simpan seringkali tidak memiliki nilai yang signifikan dan bahkan terlihat seperti sampah. Barang-barang ini juga jarang tersusun rapi, menyebabkan masalah kebersihan dan tampak kotor.

Penyebab Gangguan Hoarding Disorder

Menurut Cleveland Clinic, penyebab pasti dari gangguan hoarding belum diketahui dengan jelas. Namun demikian, banyak ahli berpendapat bahwa kondisi ini disebabkan oleh ketidakmampuan otak untuk menjalankan beberapa fungsi spesifik, seperti:

1. Kemampuan dalam perencanaan strategis
2. Keahlian dalam pemecahan masalah
3. Kapasitas untuk belajar visuospasial dan mengingat
4. Daya perhatian yang berkesinambungan
5. Memori kerja otak atau Working memory
6. Keterampilan dalam penyusunan atau mengatur sesuatu

Selain itu, beberapa masalah kesehatan mental sering dikaitkan dengan gangguan kesehatan mental lainnya, seperti:

1. Gangguan Kepribadian Obsesif-Kompulsif (OCPD)
2. Gangguan Obsesif-Kompulsif (OCD)
3. Gangguan Pemusatan Perhatian/Hiperaktif (ADHD)
4. Depresi
5. Demensia
6. Skizofrenia
7. Gangguan Kecemasan

CLOSE