Notification

×

Iklan

Iklan

Susu UHT Nggak Ditaruh di Kulkas, Aman Dikonsumsi?

Selasa, 16 Juli 2024 | Kali Dibaca Last Updated 2024-07-15T18:59:02Z
Advertisement

Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
Susu UHT Dingin,Susu,Kuliner,Kesehatan,Health Tips,Healthy Lifestyle Tips,Susu UHT,Susu UHT Adalah,Susu UHT Full Cream,Susu UHT 1 Liter,Susu UHT Plain,Susu UHT Ultra Milk,Susu UHT Frisian Flag,Susu UHT untuk Mpasi,Susu UHT Tidak Dingin,Apa Itu Susu UHT,Frisian Flag Susu UHT,Greenfields Susu UHT,Kulkas
Foto: Ilustrasi susu UHT (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
SAFAHAD Technology - Beberapa waktu yang lalu ada ibu-ibu yang viral marah-marah ke pegawai minimarket. Ibu itu kesal karena susu UHT yang dibelinya nggak dingin soalnya nggak disimpan di kulkas.

Di video yang beredar di media sosial, ibu kelihatan itu memegang satu kotak susu UHT ukuran satu liter dan menyerahkannya kembali ke kasir minimarket. Sambil menyerahkan susu yang nggak dingin itu, dia minta uangnya balik.

"Kalau nggak dingin saya minta uang kembali. Susu itu harusnya dingin karena saya ada order susu yang kecil itu dikasih dingin. Saya tidak peduli, balikin uang saya sekarang dan ini sudah telat," kata wanita tersebut.

Aman nggak sih minum susu UHT kalau gak Disimpan di Kulkas?

Dilansir dari detikcom, sebenarnya susu adalah minuman penuh nutrisi bagus buat pertumbuhan dan kesehatan tubuh kita.

Menurut spesialis gizi klinik dr Putri Sakti, MGizi, SpGK menilai susunya tetap aman kok disimpan dalam suhu ruang karena udah melalui proses sterilisasi. Yang bisa bahaya tuh kalo susunya udah terbuka cukup lama dibiarkan di suhu ruang yang kemudian dikonsumsi.

Dia nyaranin supaya kita cek dulu kemasan susunya benar-benar tersegel rapi sebelum beli. Selama produknya belum rusak dan masa kedaluwarsanya masih jauh aman aja kok walaupun dijual gak dalam keadaan dingin.

Baca Selengkapnya, Pages/Halaman 2
"Apabila susu UHT sudah terbuka, kalau sudah terkena air liur, maka dia maksimal dalam satu jam harus sudah habis dari pertama kali dibuka," terangnya saat dihubungi detikcom Rabu (10/7/2024).

"Tetapi kalau misalkan belum kena air liur dituang dari literan ke gelas, dia bisa bertahan sampai 2 jam," ungkap dr Putri.

Ingat ya, susu bisa cepat basi tergantung suhu dan kelembapan ruangan. Jadi, kalau sudah buka susu UHT, biar aman tetap segar simpan aja di kulkas.

"Kalau misalkan kita masih mengonsumsi susu tersebut, pada kondisi sudah dibuka, dan ada di suhu ruang lebih dari berjam-jam, barulah ada risiko paparan kuman, virus, dan bakteri. Yang bisa mengganggu pencernaan," pungkasnya.

CLOSE